Sabtu, 29 Juni 2013

ITULAH MUSIK

musik apa yang kamu suka ?
lagu apa yang selalu terngiang di di kepala mu akhir-akhir ini?
dan lagu apa yang paling enak didengerin dalam momen tertentu?
ga perlu dijawab sob, pasti kamu sudah menjawabnya dalam hati secara langsung waktu kamu baca pertanyaan-pertanyaan itu.
Bagi kamu-kamu yang suka musik entah suka main dan dengerin musik atau sekedar suka mendengarkan musik, entah suka aliran musik tertentu atau suka beberapa aliran musik yang ada, dapat dipastikan kehidupan sehari-hari tidak jauh dari yang namanya musik.
Musik merupakan hiburan yang sangat masiv dari segi jumlah peminatnya. Para pecinta musik datang dari berbagai usia, dari anak-anak hingga dewasa. Musik juga merupakan sarana yang tepat untuk mengekspresikan diri. Bagi para musisi musik sudah seperti menjadi bagian dari jiwanya, karena dengan musik mereka dapat menyalurkan bakat musiknya dan dengan cara tersebut mereka dapat mengeskpresikan diri. Tersedianya sarana untuk mengekspresikan diri dapat membantu perkembangan seseorang secara psikologi.
Namun hal itu bukan hanya untuk musisi saja atau seseorang yang bisa bermain alat musik atau juga seseorang yang pintar bernyanyi saja, tetapi juga orang lain yang menjadi pendengar. Mengapa bisa demikian?
hal itu karena adanya pengaruh kuat dari sebuah musik atau lagu yang dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang. Jika sedang merasa sedih biasanya orang akan cenderung mendengarkan lagu sedih. Atau jika sedang suasana santai maka orang cenderung ingin mendengarkan lagu yang slow sesuai dengan suasananya yang santai. Mengapa demikian?
Mengapa kebanyakan dari kita cenderung ingin mendengarkan lagu sesuai dengan suasana yang kita rasakan?
kita sebagai pecinta musik sudah banyak sekali mendengarkan musik sejak kita lahir di dunia baik dengan sengaja atau tidak. Sehingga secara langsung kita mendapatkan pengaruh dari mendengarkan musik entah positif atau negatif. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas tadi adalah bahwa karena seringnya kita mendengarkan musik sehingga menimbulkan kecenderungan bahwa musik telah menjadi salah satu faktor pengisi suasana sekitar yang mempengaruhi mood kita. Sehingga bagi kita para pecinta musik cenderung ingin menyesuaikan suasana hati kita dan kondisi sekitar. Dengan demikian terjadi harmoni antara kondisi sekitar yang cenderung tergantung kegiatan yang sedang berjalan dan suasana hati seseorang yang sedang dirasakan yang tergantung pada sesuatu yang sedang dipikirkan.
Harmoni tersebut merupakan hal  yang baik bagi kehidupan sehari-hari kita. Harmoni tersebut juga menandakan bahwa sedang atau telah terjadi peristiwa meskipun sederhana namun telah tersedia faktor untuk dapat mengekspresikan diri. Karena dengan mengekspresikan diri pula kita dapat merasakan sesuatu yang luar biasa dan berpengaruh positif pada kegiatan dalam keseharian kita tergantung bagaimana kita mebgespresikan diri dalam mendengarkan musik.
Tak disangka bahwa kegiatan sederhana seperti mendengarkan musik namun memiliki makna yang sangat berarti. Itulah mengapa bagi para pecinta terutama pendengar setia musik yang menikmati alunan musik yang didengarkan setiap saat cukup bergantung pada ketersedian suara-suara yang tersusun dalam notasi tertentu yang membentuk suatu harmoni, itulah musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar